Dorong BLUD di Bangka Belitung, MKKS Bersama Gubernur Berkunjung ke SMK 5 Surabaya

Puluhan Kepala Sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Provinsi Babel bersama Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman melakukan kunjungan ke SMKN 5 Surabaya, pada Selasa (4/2/2020).

Tujuan kunjungan ini untuk melihat dan belajar terkait pelaksanan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk Melayani jual beli produk siswa, yang telah dijalankan SMK 5 Surabaya.

Total 33 SMK di Provinsi Bangka Belitung yang diwajibkan untuk melaksanakan BLUD, dengan harapan bisa memajukan sekolah dari hasil keahlian dan bidang masing-masing sekolah.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah, Provinsi Babel, Basir, mengatakan, kedatangan mereka ke SMK 5 Surabaya sebagai upaya untuk melihat pengelolaan sekolah dalam pelaksanan BLUD.

“Pertama melihat di SMK 5 ini, yang direkomendasikan menjadi contoh di tingkat Nasional di Surabaya, Jawa Timur. Tujuan kita datang karena ingin melihat dan belajar dari sisi administrasi, pengelolaan keuangan, pengelolaan aset berkaitan dengan BLUD,”ungkap Basir kepada wartawan, Selasa (4/2/2020).

Ia menjelaskan dari apa yang didapatkan nantinya, diharapkan bisa diterapkan ke 33 SMK di Bangka Belitung.

“Pengelolaanya sesuai jurusan dan keahlian SMK masing masing, contoh SMK 2 itu Teknologi, SMK Pariwisata, SMK 4 Pelayaran, SMK 5 Farmasi. Kita sat ini kurang lebih 70 persen sudah siap, adminitrasi sudah siap, melalui SK Gubernur, tinggal menunggu regulasi, tarif, sehingga kita bisa berjalan,”ungkapnya.

Untuk efektifnya berjalan BLUD ini, direncanakan pada Februari hingga Maret nanti.

“Insyah Allah Februari atau Maret kita jalankan yang jelas ini belajar, semoga cepat berkembang inovasi sekolahnya. Tentunya dengan dorongan kepemimpinan di Sekolah, boleh mengembangkan keahlianya, dengan harapan menjadi sumber masukan sekolah”terangnya.