Siswa SMA dan SMK di Pangkalpinang Uji Coba Ujian Online Pakai Smarphone

Sekolah Menengah Atas Negeri dan SMKN di Pangkalpinang melakukan uji coba ujian menggunakan sistem online, Jumat (15/1/2016).

Ujian Dalam Jaringan (UDJ) dilakukan siswa kelas X SMAN 1,2 dan 3 serta SMKN 1, 2, 3, 4 dan 5 Kota Pangkalpinang sebagian besar menggunakan smartphone dan laptop.

Bagi siswa yang tidak memiliki Smartphone, disiapkan fasilitas sekolah dengan menggunakan laptop.

Pelaksanaan UDJ yang diikuti siswa kelas 10 berjalan dengan lancar.

Sementara itu fasilitas koneksi internet berjalan lancar, kendatipun hanya ada beberapa kendala siswa untuk membuka jaringan internet.

Ditemui Bangkapos.com, Jumat (15/1/2016) Kepala Dinas Pendidikan Pangkalpinang Edison Taher, menjelaskan ada sembilan sekolah tingkat SNA/SMK Negeri yang melakukan uji coba ujian dalam jaringan (UDJ) di Kota Pangkalpinang.

“Siswa kelas X SMA dan SMK Negeri di Pangkalpinang mengikuti ujian online Tingkat Asean. Dimana soal-soal ujian dibuat organisasi Kementerian Pendidikan ASEAN,” jelas Ediaon.

Menurut Edison, yang melaksanakan ujian online ada diikuti beberapa kota di Indonesia.

“Tidak sampai 10 kota di Indonesia yang ikut ujian online. Yang terbesar seperti Bandung dan Pangkalpinang,” ujarnya.

Dikemukakan Edison, pada saat bersamaan pada hari ini, Jumat (15/1/2016), Bangkok, Bandung dan Pangkalpinang mengadakan teleconference.

Edison menjelaskan bahwa soal-soal yang dibuat dalam ujian online sudah standar ASEAN.

“Dulu, kita masih mimpi MEA dan untuk pendidikan sudah lima tahun lalu siswa disiaokan melalui ujian digital,l ungkap Edison.

Sehingga dikatakan Edison, siswa di Kota Pangkalpinang sudah mengerjakan soal-soal yang dibuat guru-guru Vietnam, Thailand.

“Sebaliknya anak-anak di Negara Asean, dapat mengerjalan soal-soal yang dibuat guru-guru di Pangkalpinang